peringkat pengunjung

19 Jun 2013

Apa itu sistem kontrol (seri Belajar PLC)

Sebenernya apa itu PLC, mungkin banyak yang sudah tau. Tapi tutorial ini hanya bagi yang belum tahu, bagi yang tahu kalo ada yang salah mohon koreksinya y :) . Tapi kok judulnya  “Apa itu sistem kontrol” bukannya ini membahas tentang PLC, tenang ini hanya sebuah pengantar untuk melihat sebuah hal yang lebih luas dan PLC berada di dalamnya yaitu dinamakan dengan sistem kontrol.

Langsung saja, PLC merupakan bagian kecil dari sebuah sistem kontrol. Sistem kontrol itu sendiri yaitu suatu kumpulan peralatan elektrik/elektronik, peralatan mekanik, atau peralatan listrik lainnya yang digunakan untuk menjamin stabilitas, akurasi, serta transisi yang halus sebuah proses atau aktivitas manufaktur. Bentuk dan penerapannya pada berbagai skala seperti pada pembangkit listrik, mesin-mesin industri sampai pada mesin pembuat ic semikonduktor dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Hal itu itu sebagai akibat dari kemajuan pesat teknologi, tugas kontrol yang rumit harus dicapai dengan sistem kontrol tingkat tinggi, yang bisa dicapai dengan sebuah PLC atau oleh sebuah komputer, dan perangkat yang lain.
Disamping insterfacing sinyal ke perangkat di lapangan (seperti Panel Operator, motor, sensor, switch, solenoid valve, dll), kemampuan komunikasi jaringan memungkinkan penerapan dalam skala besar dan proses koordinasi yang  lebih besar untuk mewujudkan fleksibilitas dan sistem control terdistribusi. Setiap satu komponen dalam sistem control memerankan permainan penting terlepas dari ukurannya. Misalnya seperti pada gambar dibawah . PLC tidak akan tahu kejadian disekitarnya tanpa perangkat sensor.
Dan jika perlu, sebuah komputer bisa diletakkan pada suatu area untuk mengkoordinasikan kegiatan dalam sebuah area. Intinya PLC merupakan satu bagian dari sebuah sistem kontrol jadi kalo misalnya kalo uda pada jago PLC jangan sombong ya n share sama yang lain ya… Biasanya yang udah jago gak mau ngajari yang lain (pengalaman penulis hehehe)  karena itu hanya SEBUAH BAGIAN dari sistem kontrol  dan yang penting lagi bahwa setiap komponen dalam setiap proses berperan penting dalam sebuah sistem kontrol jadi bukan hanya PLC yang penting tapi semua di dalamnya juga penting.
Mungkin ini dulu dari saya, nanti dilanjutin lagi y jadi kalo mau update selanjutnya bisa like fanpage atau artikel langganan lewat email…moga bermanfaat, bagi para master mohon koreksinya bila ada yang perlu dikoreksi . Trims

#tulis sesuatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan santun